UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE
Kata Kunci:
Perkembangan Motorik Halus, Kegiatan KolaseAbstrak
Khususnya pada anak kelompok B, diketahui hasil kemampuan fisik motorik halus anak masih kurang. Menganalisis penyebab masalahnya dikarenakan guru kurang tepat dalam menggunakan media pembelajaran pada kegiatan. Selain itu kegiatan yang dilakukan guru kurang menarik anak dan anak cenderung dipaksa mengerjakan latihan-latihan dari LKS. Yang akhirnya anak tidak bersemangat dan malas mengerjakan kegiatan. Berangkat dari permasalahan tersebut peneliti melakukan suatu perbaikan dalam rangka meningkatkan motorik halus yaitu dengan menggunakan kegiatan kolase.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model kegiatan kolase untuk meningkatkan motorik halus anak kelompok B di TK Plus Wahidiyah Sendang Tulungagung, mendeskripsikan aktivitas belajar anak pada pelajaran motorik halus anak kelompok B di TK Plus Wahidiyah Sendang Tulungagung setelah diterapkan model kegiatan kolase dan mendeskripsikan hasil belajar anak pada pelajaran motorik halus anak kelompok B di TK Plus Wahidiyah Sendang Tulungagung setelah diterapkan model kegiatan kolase.Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan 2 siklus dengan metode pemberian tugas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitian yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi dan data-data yang diperlukan meliputi obsevasi, dokumentasi, wawancara dan catatan lapangan. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa dengan model kegiatan kolase dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak, juga meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar anak pada pelajaran motorik halus.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 JURPARIA
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.