MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL ANGKA DENGAN METODE PERMAINAN 3C (CARD CUPCAKE COLOUR)

Penulis

  • Elis Kurniawati Universitas Wahidiyah Penulis
  • Samsiah Universitas Wahidiyah Penulis
  • Siti Lebar Universitas Wahidiyah Penulis

Kata Kunci:

Permainan 3C, Kognitif, Mengenal Angka

Abstrak

Kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka dikelompok A TK Plus Wahidiyah belum berkembang dengan baik. hal tersebut diduga karena kurang tepatnya guru dalam memilih media dan metode pembelajaran yang monoton. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan kognitif dalam mengenal angka, yang menerapkan metode permainan 3C (Card Cupcake colour) di kelompok A TK Plus Wahidiyah Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun pelajaran 2017/2018 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah 10 anak dengan menggunakan metode permainan 3C (Card Cupcake colour). Obyek penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Alat yang digunakan adalah lembar instrument observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan indikator keberhasilan yang diterapkan yaitu 75% dari 10 anak memiliki kemampuan kognitif dalam mengenal angka. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif dalam mengenal angka dikelompok A TK Plus Wahidiyah Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun pelajaran 2017/2018 pada tahap prasiklus sebanyak 40%, pada siklus I sebanyak 60%, dan siklus II sebanyak 80%. Perolehan siklus II membuktikan bahwa penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan yaitu kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka mengalami peningkatan ≥75%.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2020-07-31

Cara Mengutip

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL ANGKA DENGAN METODE PERMAINAN 3C (CARD CUPCAKE COLOUR). (2020). JURPARIA, 1(1), 35-43. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/jurparia/article/view/125