MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL ANAK DENGAN MEMANFAATKAN BAHAN LIMBAH ANORGANIK
Kata Kunci:
Kecerdasan visual-spasial, Limbah anorganikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kecerdasan visual-spasial dengan memanfaatkan bahan limbah anorganik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Subyek penelitian adalah 20 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi (chek list). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 75% anak mengalami peningkatan dalam kecerdasan visual-spasial. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kecerdasan visual-spasial setelah pembelajaran melalui membuat seni ketrampilan menggunakan media bahan limbah anorganik meningkat. Hasil observasi pada Pra Tindakan menunjukkan bahwa nilai ketuntasan belajar siswa hanya mencapai a% pada pelaksanaan tindakan Siklus I mengalami peningkatan menjadi b%. Setelah adanya tindakan Siklus II anak yang berkriteria berkembang sangat baik meningkat menjadi 86,86%. Langkah- langkah yang ditempuh untuk meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak adalah guru mengajak anak membuat seni ketrampilan menggunakan bahan limbah anorganik. Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan membuat media dari bahan limbah anorganik dapat meningkatkan kecerdasan visual-spasial pada anak.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 JURPARIA

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.