MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MENGGUNAKAN MEDIA PANAH PINTAR

Penulis

  • Anita Amelia Universitas Wahidiyah Penulis
  • Trisa Kumalasari Universitas Wahidiyah Penulis

Kata Kunci:

Kemampuan Bahasa Anak, Media Panah Pintar

Abstrak

Bahasa  yang  baik  dan  benar  merupakan  suatu  alat  komunikasi  yang  dapat  mempermudah  seseorang  dalam melakukan proses sosialisasi di lingkungannya. Penulisan skripsi ini mengangkat pembahasan utama tentang kemampuan  bahasa  anak  pada  usia  dini  dikarenakan  pentingnya  pengenalan  bahasa  yang  baik  untuk  menunjang  proses  sosialisasi yang baik pula. Untuk mencapai hal tersebut maka pada penelitian ini peneliti menggunakan media panah pintar sebagai alat untuk mempermudah siswa dalam mempelajari bahasa tanpa harus merasa tertekan dan bosan selama pembelajaran berlangsung. Adapun  penelitian  ini  menggunakan  metode Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK)  dengan  menerapkan  siklus PTK model Kemmis & M c Taggart. Teknik analisis data pada penelitian tindakan kelas ini menggunakan teknik analisis kualitatif,  yakni  analisis  yang  diterapkan  untuk  mengukur  perkembangan  anak  pada  proses  pembelajaran  di  sekolah. Hasil dari analisis kualitatif ini direkam dalam daftar ceklis supaya dapat ditarik suatu kesimpulan dengan bentuk tabel. Hasil  penelitian  ini  menunujukkan  bahwa  Pada  siklus  I  ketepatan  memanah  anak  mencapai  66,67%  sedangkan  pada siklus  II  meningkat  menjadi  83,33%.  Untuk  kemampuan  membaca  pada  siklus  I  mencapai  66,67%  dan  pada  siklus  II meningkat menjadi 83,33%. Sedangkan untuk kemampuan membaca anak pada siklus I mencapai 50% dan pada siklus II meningkat menjadi 66,67%.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2020-07-31

Cara Mengutip

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MENGGUNAKAN MEDIA PANAH PINTAR. (2020). JURPARIA, 1(1), 52-60. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/jurparia/article/view/127