MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MENGGUNAKAN MEDIA PANAH PINTAR
Kata Kunci:
Kemampuan Bahasa Anak, Media Panah PintarAbstrak
Bahasa yang baik dan benar merupakan suatu alat komunikasi yang dapat mempermudah seseorang dalam melakukan proses sosialisasi di lingkungannya. Penulisan skripsi ini mengangkat pembahasan utama tentang kemampuan bahasa anak pada usia dini dikarenakan pentingnya pengenalan bahasa yang baik untuk menunjang proses sosialisasi yang baik pula. Untuk mencapai hal tersebut maka pada penelitian ini peneliti menggunakan media panah pintar sebagai alat untuk mempermudah siswa dalam mempelajari bahasa tanpa harus merasa tertekan dan bosan selama pembelajaran berlangsung. Adapun penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan siklus PTK model Kemmis & M c Taggart. Teknik analisis data pada penelitian tindakan kelas ini menggunakan teknik analisis kualitatif, yakni analisis yang diterapkan untuk mengukur perkembangan anak pada proses pembelajaran di sekolah. Hasil dari analisis kualitatif ini direkam dalam daftar ceklis supaya dapat ditarik suatu kesimpulan dengan bentuk tabel. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa Pada siklus I ketepatan memanah anak mencapai 66,67% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Untuk kemampuan membaca pada siklus I mencapai 66,67% dan pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Sedangkan untuk kemampuan membaca anak pada siklus I mencapai 50% dan pada siklus II meningkat menjadi 66,67%.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 JURPARIA
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.