MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI BERCERITA DENGAN MEDIA POP UP BOOK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KELOMPOK B SEMESTER II TK PLUS WAHIDIYAH WIYUNG SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2019 – 2020
Kata Kunci:
Bahasa, Cerita, Pop Up BookAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh membangun kemampuan bahasa anak TK dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak dengan menggunakan media pop up book. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa lisan anak didik kelompok B TK Plus Wahidiyah Wiyung Surabaya melalui kegiatan pembelajaran menggunakan media pop up book. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Plus Wahidiyah Wiyung Surabaya tahun pelajaran 2019 - 2020, yang terdiri dari 12 anak didik. Pembelajaran bahasa masih menggunakan LKA dan bercerita tanpa media dengan komunikasi satu arah, ini mambuat anak merasa cepat bosan dan capai. Agar kreativitas berbahasa lisan anak dapat meningkat dengan lebih baik maka diperlukan suatu media yang menyenangkan yaitu dengan media pop up book. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus yang setiap masing-masing siklus mempunyai tahapan: perencanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan non tes, secara non tes melalui observasi, dan tes melalui unjuk kerja. Teknik analisis data secara kualifikatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berbahasa anak pada setiap siklusnya. Pada indikator Anak dapat berkomunikasi, berbicara lancar ketika menceritakan isi cerita kondisi awal kemampuan anak 58.33% yang peningkatan sangat baik, pada siklus I kemampuan anak meningkat menjadi 66,66% dan meningkat lebih baik lagi pada siklus II yaitu 91,66%. Pada indikator Anak berani mengungkapkan pendapat dan keyakinannya dalam media pop up book, pada kondisi awal 50.00% yang berkembang sangat baik. Pada siklus I meningkat 75,00% ,dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 91,66%. Pada indikator Anak dapat menceritakan kembali isi cerita secara berurutan pada kondisi awal anak ada 41,66% , sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 58,33%, dan meningkat lebih baik lagi pada siklus II yaitu 83,33% . Peningkatan ini melebihi dari indikator keberhasilan yang ingin dicapai yaitu 75% Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pop up book dapat meningkatkan kemampuan kreativitas berbahasa lisan anak didik TK kelompok B. Disarankan guru dapat mengembangkan media pop up book lebih bervariasi untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak TK.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 JURPARIA
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.