MENGEMBANGKANKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN MENANAM POHON PADA KELOMPOK A DI TK TUNAS HARAPAN TROSOBO KECAMATAN TAMAN KABUPATEN SIDOARJO SEMESTER 2 TAHUN 2019/2020

Penulis

  • Ermalina Khoirunnisak Universitas Wahidiyah Penulis
  • Siti Lebar Universitas Wahidiyah Penulis

Kata Kunci:

Kognitif, AUD, Bermain, Menanam Pohon

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif  menggunakan kegiatan bermain menanam pohon pada anak kelompok A di TK Tunas Harapan Trosobo Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan Mc. Taggart dengan menggunakan tiga siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 9 anak kelompok A yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan kognitif melali kegiatan bermain menanam pohon. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif anak. Peningkatan kemampuan kognitif anak tersebut dapat dilihat berdasarkan persentase yang meningkat dari pra tindakan anak yang berada pada kriteria baik sebesar 55% mengalami peningkatan 8% pada siklus I menjadi 63% pada siklus II meningkat 12% menjadi 75%. Proses pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak adalah kegiatan bermain menanam pohon dianggap berhasil karena prosentase keberhasilan akhir mencapai 75%.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2021-01-31

Cara Mengutip

MENGEMBANGKANKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN MENANAM POHON PADA KELOMPOK A DI TK TUNAS HARAPAN TROSOBO KECAMATAN TAMAN KABUPATEN SIDOARJO SEMESTER 2 TAHUN 2019/2020. (2021). JURPARIA, 2(1), 10-13. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/jurparia/article/view/130