MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN BERBURU BALOK ANGKA PADA KELOMPOK A SEMESTER 2 DI TK WAHIDIYAH LAWANG KABUPATEN MALANG TAHUN AJARAN 2019/2020

Penulis

  • Ulfatus Sholikha Universitas Wahidiyah Penulis
  • Samsiah Universitas Wahidiyah Penulis
  • Trisa Kumalasari Universitas Wahidiyah Penulis

Kata Kunci:

Kognitif, Berburu Balok Angka

Abstrak

Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan manusia yang berkaitan dengan pengetahuan yaitu semua proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari dan memikirkan lingkungannya. Dimana perkembangan kognitif berguna untuk menjelaskan semua aktivitas mental yang berhubungan dengan persepsi, pikiran, ingatan, dan pengolahan informasi yang memungkinkan seseorang untuk memperoleh pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan pengembangan kognitif pada anak melalui kegiatan berburu balok angka di TK Plus Wahidiyah Lawang Kabupaten Malang. Metedologi penelitian terdiri atas subyek penelitian yaitu anak anak dan pendidik. Penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa di TK Plus Wahidiyah Lawang mempunyai program pengembangan kognitif melalui kegiatan berburu balok angka tersebut dapat memberikan manfaat dalam membimbing anak untuk mengenal konsep bilangan dan berhitung permulaan dengan kegiatan yang menyenangkan. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan kepada Kepala Sekolah dan Guru untuk senantiasa memberikan pengajaran yang menyenangkankan melalui kegiatan bermain sambil belajar dengan media balok angka dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2021-01-31

Cara Mengutip

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN BERBURU BALOK ANGKA PADA KELOMPOK A SEMESTER 2 DI TK WAHIDIYAH LAWANG KABUPATEN MALANG TAHUN AJARAN 2019/2020. (2021). JURPARIA, 2(1), 17-19. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/jurparia/article/view/132