MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL ANGKA MENGGUNAKAN MEDIA BATOK KELAPA RAHASIA PADA ANAK KELOMPOK A SEMESTER II DI TK WAHIDIYAH KECAMATAN PAKISAJI KABUPATEN MALANG TAHUN AJARAN 2019/2020

Penulis

  • Siti Fatimah Universitas Wahidiyah Penulis
  • Siti Lebar Universitas Wahidiyah Penulis

Kata Kunci:

Kognitif, Angka, Batok Kelapa Rahasia

Abstrak

Anak  Usia  Dini  merupakan  kelompok  usia  yang  berada  dalam  proses  perkembangan  unik,  karena  proses perkembangannya (tumbuh kembangnya) terjadi bersama dengan golden age (masa peka) merupakan waktu  paling tepat untuk memberikan bekal yang kuat kepada anak. Potensi kognitif di bawa sejak lahir atau merupakan faktor keturunan yang akan menentukan batas perkembangan tingkat intelegensi (batas maksimal). Meningkatkan kemampuan pengenalan lambang bilangan pada anak dengan cara anak diajak berpikir secara logis, dengan cara anak diajak bermain.Kemampuan kognitif di kelompok A TK Wahidiyah Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang belum berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk  mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui bermain media batok kelapa rahasia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah 22 siswa di kelompok A. Obyek penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat yang digunakan adalah lembar instrument observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan indikator keberhasilan yang diterapkan yaitu 75% dari 22 siswa  memiliki  kemampuan  kognitif.  Penelitian  ini  dilaksanakan  dalam  dua  siklus.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa kemampuan kognitif di kelompok A pada tahap prasiklus sebanyak 22,72% anak mulai berkembang, pada siklus I sebanyak 40,9%  pada  indikator  menyebutkan  angka  yang  didapatnya  ketika  bermain  media  batok  kelapa  rahasia  dan 54,54% di indikator  mengeluarkan  angka  dari  media  batok  kelapa  rahasia.  Serta  pada  siklus  II  diperoleh  77,27%  pada  indikator menyebutkan angka yang didapatnya ketika bermain media batok kelapa rahasia dan 81,81% di indikator mengeluarkan angka dari batok kelapa rahasia. Perolehan siklus II membuktikan bahwa penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan yaitu kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan ≥75%. Oleh karena itu, bermain batok kelapa rahasia dapat digunakan sebagai media untuk mengambangkan kemampuan kognitif anak.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2023-07-31

Cara Mengutip

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL ANGKA MENGGUNAKAN MEDIA BATOK KELAPA RAHASIA PADA ANAK KELOMPOK A SEMESTER II DI TK WAHIDIYAH KECAMATAN PAKISAJI KABUPATEN MALANG TAHUN AJARAN 2019/2020. (2023). JURPARIA, 3(1), 1-4. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/jurparia/article/view/134