MENINGKATKAN PENGEMBANGAN BAHASA ANAK MELALUI METODE MENDONGENG “MONYET DAN IKAN” PADA KELOMPOK B TK PLUS WAHIDIYAH RAMBIPUJI DESA NOGOSARI KECAMATAN RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023
Kata Kunci:
Kemampuan Bahasa, Dongeng “Monyet dan Ikan”Abstrak
Kemampuan bahasa adalah kemampuan dasar dalam mengembangkan proses berbicara anak dengan mengenal kata dan ucapan-ucapan yang berbunyi dari orang disekitarnya. Salah satu media yang dapat mengembangkan kemampuan bahasa adalah dongeng “Monyet dan Ikan” yang berisi ajakan percakapan sederhana dan interaksi antar teman serta lingkungan sekitar. Dongeng “Monyet dan Ikan” adalah media yang dapat memotivasi anak dalam melakukan suatu hal yaitu berinteraksi dan berbicara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan dongeng “Monyet dan Ikan” pada Kelompok B Semester II TK Wahidiyah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian siklus I dan siklus II dengan media mendongeng “Monyet dan Ikan” dapat meningkatkan pengembangan bahasa anak Kelompok B Semester II TK Wahidiyah Rambipuji Tahun Pelajaran 2022/2023. Oleh karena itu media mendongeng “Monyet dan Ikan” dapat digunakan para pendidik sebagai media pembelajaran.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 JURPARIA
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.