Pengembangan Media Ludo Smart dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Wahidiyah

Authors

  • Ana Khoirunnisa Universitas Wahidiyah Author
  • Fajar Lestari Universitas Wahidiyah Author

Keywords:

Media Pebelajaran, Ludo Smart, Pembelajaran Matematika

Abstract

Pembelajaran akan berjalan lebih efektif dan penyampaian materi akan lebih mudah dipahami jika 
menggunakan media pembelajaran. Salah satu hal yang menarik perhatian siswa adalah permainan. Salah 
satu media pembelajaran yang sangat banyak disukai siswa yaitu pembelajaran yang berbasis game atau 
permainan karena pada dasarnya game berfungsi sebagai hiburan yang membuat siswa menjadi lebih 
senang dalam belajar. Namun, media yang digunakan di SMP Wahidiyah masih metode based learning dan 
buku cetak. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tahapan pengembangan media pembelajaran dan 
mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah 
Research and Development (R&D) dengan model 4D yang memiliki empat tahapan, yaitu define 
(pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dissemination (penyebaran). 
Hasil penelitian ini adalah media ludo smart dengan nilai 86% dengan kriteria valid dilihat dari validasi 
media. Selanjutnya validasi materi dengan nilai 89% dengan kategori valid. Sedangkan, dilihat dari validasi 
Bahasa dengan nilai 87% dengan kategori valid. Jadi, media ludo smart mencapai kriteria valid.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-07-31

How to Cite

Pengembangan Media Ludo Smart dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Wahidiyah. (2024). AL FARABI: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 5(2), 28-34. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/alfarabi/article/view/340