Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik

Authors

  • Tarbiyatul Latifah Universitas Wahidiyah Author
  • Desi Gita Andriani Universitas Wahidiyah Author

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Interaktif, Kemampuan Komunikasi Peserta Didik

Abstract

Rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika 
mempengaruhi hasil belajar siswa. Maka dari itu peneliti mengembangkan media pembelajaran video 
interaktif berbasis Canva untuk meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik. Penelitian ini 
bertujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran video interaktif berbasis Canva layak digunakan 
di SMP Wahidiyah Kediri dan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran video interaktif 
berbasis Canva dapat meningkatkan komunikasi matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah 
penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan tipe ADDIEl 
(Analysis, Delsign, Delvellolpmelnt, Implelmelntatioln, dan Elvaluatioln). Pengambilan data dilakukan 
menggunakan angket dan tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Berdasarkan hasil analisis 
data, maka dapat disimpulkan media pembelajaran video interaktif berbasis Canva layak digunakan di 
SMP Wahidiyah Kediri dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada kategori sedang (0,4) 
yang berarti produk media pembelajaran efektif. 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-07-31

How to Cite

Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. (2024). AL FARABI: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 5(2), 35-45. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/alfarabi/article/view/341