Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik
Keywords:
Media Pembelajaran, Video Interaktif, Kemampuan Komunikasi Peserta DidikAbstract
Rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika
mempengaruhi hasil belajar siswa. Maka dari itu peneliti mengembangkan media pembelajaran video
interaktif berbasis Canva untuk meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran video interaktif berbasis Canva layak digunakan
di SMP Wahidiyah Kediri dan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran video interaktif
berbasis Canva dapat meningkatkan komunikasi matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah
penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan tipe ADDIEl
(Analysis, Delsign, Delvellolpmelnt, Implelmelntatioln, dan Elvaluatioln). Pengambilan data dilakukan
menggunakan angket dan tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Berdasarkan hasil analisis
data, maka dapat disimpulkan media pembelajaran video interaktif berbasis Canva layak digunakan di
SMP Wahidiyah Kediri dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada kategori sedang (0,4)
yang berarti produk media pembelajaran efektif.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 AL FARABI: Journal of Mathematics and Mathematics Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.