Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Video Interaktif, Kemampuan Komunikasi Peserta DidikAbstrak
Rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika mempengaruhi hasil belajar siswa. Maka dari itu peneliti mengembangkan media pembelajaran video interaktif berbasis Canva untuk meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran video interaktif berbasis Canva layak digunakan di SMP Wahidiyah Kediri dan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran video interaktif berbasis Canva dapat meningkatkan komunikasi matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan tipe ADDIEl (Analysis, Delsign, Delvellolpmelnt, Implelmelntatioln, dan Elvaluatioln). Pengambilan data dilakukan menggunakan angket dan tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan media pembelajaran video interaktif berbasis Canva layak digunakan di SMP Wahidiyah Kediri dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada kategori sedang (0,4) yang berarti produk media pembelajaran efektif.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.