Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik

Penulis

  • Tarbiyatul Latifah Universitas Wahidiyah Penulis
  • Desi Gita Andriani Universitas Wahidiyah Penulis

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Video Interaktif, Kemampuan Komunikasi Peserta Didik

Abstrak

Rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika mempengaruhi hasil belajar siswa. Maka dari itu peneliti mengembangkan media pembelajaran video interaktif berbasis Canva untuk meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran video interaktif berbasis Canva layak digunakan di SMP Wahidiyah Kediri dan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran video interaktif berbasis  Canva  dapat meningkatkan komunikasi  matematis  peserta  didik.  Jenis  penelitian ini adalah penelitian  pengembangan (Research  &  Development)  dengan  model  pengembangan  tipe  ADDIEl (Analysis, Delsign, Delvellolpmelnt, Implelmelntatioln, dan Elvaluatioln). Pengambilan data dilakukan menggunakan angket dan tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan media pembelajaran video interaktif berbasis Canva layak digunakan di SMP Wahidiyah Kediri dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada kategori sedang (0,4) yang berarti produk media pembelajaran efektif.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. (2024). AL FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 35-45. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/alfarabi/article/view/341