ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA SMP WAHIDIYAH DALAM MEMAHAMI MASALAH BANGUN RUANG
Kata Kunci:
Hasil Belajar Siswa, Pemahaman, Bangun RuangAbstrak
Rendahnya hasil belajar matematika disebabkan karena didalam mengerjakan soal matematika kurang memahami konsep metematika dengan benar, kurangnya kemampuan dasar, kurangnya bakat khusus yang mendasari belajar tertentu, maupun kurangnya motivasi siswa. Dalam pembelajaran matematika, banyak siswa yang masih lemah dalam menyelesaikan masalah. Hal ini disebabkan karena kurang teliti dalam perhitungan dan kesulitan dalam membuat model matematika yang berkaitan dengan dunia nyata seperti bangun ruang. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh banyak tenaga pendidik saat ini cenderung pada pencapaian target metari kurikulum dan lebih mementingkan pada penghafalan konsep pada pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis hasil belajar siswa SMP Wahidiyah dalam memahami masalah bangun ruang, dengan adanya memahami masalah bangun ruang apakah bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data tes awal dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Wahidiyah Kediri kelas VIII. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa subjek mengalami ketidak fahaman dalam memahami masalah bangun ruang yang kurang menguasai konsep, hal ini dikarenakan kurangnya latihan soal. Subjek juga masih bingung dalam membedakan rumus luas bangun datar, hal ini disebabkan karena didalam soal yang diberikan kurang hafalnya dalam mengingat bangun ruang. Sehingga subjek mengalami ketidakfahaman untuk mencari luas permukaan bangun ruang sisi datar dan menjadikan hasil belajar yang kurang memuaskan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.