Analisis Kelayakan Usaha Sambal Pecel ”Larisso” Ditinjau Dari Aspek Produksi, Pemasaran, SDM dan Keuangan
Kata Kunci:
Kelayakan Usaha, Sambal Pecel, Produksi, Pemasaran, Sumber Daya Manusia, KeuanganAbstrak
Makanan khas sambal ini banyak ditemukan di daerah Jawa Timur. Dalam penelitian ini, penulis memfokuskan pada kota Kediri. Persaingan yang ketat dan kebutuhan yang banyak menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku usaha sambal pecel “Larisso”. Untuk mempermudah penjualan, sambal pecel “Larisso” melakukan pemasaran secara offline dan online. “Larisso” dalam sehari mampu memproduksi sebanyak 100 kg dengan harga Rp.40.000,-/kg, Proses produksi sambal pecel dengan dibantu oleh 5 orang karyawan dengan upah Rp.100.000,-/hari. Dalam hal ini, aspek produksi, pemasaran dan sumber daya manusia sudah layak. Untuk aspek keuangan usaha sambal pecel “Larisso” memiliki waktu pengembalian modal yang cukup cepat dalam hal pengembalian modal selama 17 bulan. Dan pengembalian modal, nilai Profitability Index (PI) sebesar 5,7%. Hal yang kurang layak dalam pengamatan langsung yaitu penggunaan alat dan mesin serta teknologi dalam proses produksi masih menggunakan tenaga kerja manual dan teknologi yang masih sederhana, sehingga usaha ini perlu mendapat perhatian.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Titin Trimintarsih (Author)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.