PERBANDINGAN PENJUALAN ONLINE DAN OFFLINE TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN (Studi pada Grosir Hijab Marsha Collection)

Penulis

  • Imroatul Khasanah Universitas Wahidiyah Penulis
  • Masyfu Zainistika Universitas Wahidiyah Penulis

Kata Kunci:

Penjualan Online, Penjualan Offline, Volume Penjualan

Abstrak

Perkembangan zaman yang semakin pesat membuat persaingan usaha semakin ketat, sehingga banyak bermunculan usaha kecil menengah baru. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemasaran dan promosi produk yang baik dan efisien. Di era serba canggih sekarang ini, pasar tidak harus mempertemukan penjual dan pembeli secara langsung. Bisnis online tidak lagi menjadi trend yang muncul karena popularitas internet. Bisnis online telah menjadi poster kuat dengan potensi tinggi yang akan bertahan lama. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penjualan online dan penjualan offline dengan volume penjualan. Hal ini dilakukan untuk melihat metode penjualan mana yang paling baik untuk meningkatkan volume penjualan. Menurut Candra Ahmadi dan DadangHermawan (2013: 7), "E-Commerce adalah jual beli barang dan jasa, antara perusahaan, rumah tangga, individu, pemerintah dan masyarakat atau organisasi swasta lainnya, yang dilakukan melalui komputer pada media jaringan". Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif untuk menguji hipotesis dan analisis tren. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penjualan dan penjualan online tidak memiliki perbedaan yang signifikan, dimana nilai independent sample t-test berada pada sig. (2 tailed) adalah 0,388. Berdasarkan uji analisis tren penjualan online dan penjualan offline keduanya menunjukkan hasil yang positif karena sama-sama mengalami peningkatan. Peningkatan penjualan online dari 2018 ke 2019 sebanyak 471.189, dan pada 2019 menjadi 433.911. Sedangkan penjualan offline meningkat pada tahun 2018 sebesar 70.431 dan pada tahun 2019 sebesar 70.366. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penjualan online mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan penjualan offline. Penjualan online harus ditingkatkan agar volume penjualan juga meningkat.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2021-01-30

Cara Mengutip

PERBANDINGAN PENJUALAN ONLINE DAN OFFLINE TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN (Studi pada Grosir Hijab Marsha Collection). (2021). Management Science, 2(1), 28-35. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/managementscience/article/view/72